Senin, 06 Maret 2017

Perang Dunia Pertama (Bagian 4 Italiano Menyerang)


Sebenarnya Italia adalah bagian dari persekutuan yang disebut Triple Alliance yang terdiri dari Jerman, Austria Hungaria, dan Italia.

Masuknya Italia ke dalam kancah Perang Dunia Pertama di pihak Sekutu menjadi kejutan besar bagi banyak pihak. Negara yang telah mengikat janji militer dengan Jerman dan Austria Hungaria malah berbalik menyerang kedua negara tersebut.

Pada awal Perang Italia bersikap netral karena pada dasarnya persekutuan Triple Alliance adalah persekutuan defensif artinya semua negara anggota wajib membantu anggota lainnya apabila diserang oleh musuh, sedangkan Perang Dunia Pertama dimulai dari sikap agresif Jerman dan Austria Hungaria menyerang negara-negara Sekutu, hal tersebut menjadi alasan Italia tidak membantu Jerman dan Austria Hungaria.

Selama setahun masa netral, Italia memanfaatkannya untuk memilih berada di pihak siapa, mereka memulai negosiasi dengan Jerman dan Austria Hungaria apa yang akan mereka dapat apabila ikut berperang di pihak mereka, namun hasilnya tidak memuaskan karena beberapa wilayah yang Italia inginkan sebagai hadiah adalah wilayah kekuasaan Austria Hungaria.

Negosiasi rahasia akhirnya dijalankan Italia dengan Pihak Sekutu, Inggris dan Perancis. Italia menuntut hal yang sama seperti tuntutan mereka kepada Jerman dan Austria Hungaria, kali ini dengan hasil yang menggembirakan, Italia dijanjikan semua wilayah tersebut apabila kemenangan telah diraih.

Akhirnya pada 23 Mei 1915 Italia menyatakan perang terhadap Austria Hungaria, diikuti kepada Kekaisaran Ottoman (21 Agustus), Bulgaria (19 Oktober), Jerman (28 Agustus 1916).

Peta peperangan Eropa Tahun 1915



Perang di Front Italia lebih banyak terjadi antara Italia dan Austria Hungaria (Jerman baru ikut serta pada 1917), perang ini juga menjadi perang yang amat sulit bagi yang terlibat karena berlangsung di wilayah pegunungan dan dataran tinggi Alpen. hanya ada sedikit wilayah tanpa tebing terjal dan jurang dan itupun telah dibentengi dengan kuat oleh kedua pihak.

Lukisan dramatis pertempuran Italia dengan Austria Hungaria di Pegunungan Alpen


Tentara Austria Hungaria mendaki tebing terjal 


Pertempuran pembuka terjadi di wilayah sungai Isonzo (aliran sungai ini menjadi pusat peperangan antara Italia dan Austria Hungaria), Italia menyerbu pada tanggal 23 Juni 1915, merasa memiliki keunggulan dari sisi jumlah Italia menyerang secara frontal posisi Austria Hungaria yang telah diperkuat, yang akhirnya membawa malapetaka karena korban jiwa yang sangat besar dari pihak Italia, sedangkan Austria Hungaria tidak menganggap Front Italia sebagai yang utama sehingga jumlah tentaranya hanya sedikit yang dapat dikerahkan (sebagian besar dikirim menghadapi Rusia), oleh karena itu Austria Hungaria bersikap defensif di front ini.

Tentara Italia mendaki menuju Front Pertempuran 



Pertempuran di Front Italia menjadi faktor utama kekalahan Austria Hungaria, karena disinilah kekalahan terbesar mereka terjadi. 

Pada akhir Perang Dunia Pertama Italia ikut menjadi pemenang di pihak Sekutu, namun hasil yang mereka inginkan tidak didapat, wilayah yang menjadi target mereka tidak diraih, Italia merasa dibohongi oleh Sekutu, pengorbanan prajurit mereka dan kehancuran ekonomi yang terjadi akibat perang tidak mendapat hasil yang setimpal, inilah yang membuat Pemerintahan mereka saat itu berhasil digulingkan oleh pihak Fasis Benito Mussolini, kekuasaan Fasis menjadi akar bagi konflik baru di Eropa yang berkembang menjadi Perang Dunia ke-2, kali ini Italia berpihak kepada Jerman Adolf Hitler, babak baru peperangan Eropa akan dimulai dari keduanya.  

Hitler dan Mussolini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar