Selasa, 07 Februari 2017

Perang Dunia Pertama (Bagian 1)

Tahun 1914 akan selalu menjadi tahun bersejarah bagi bangsa Eropa, pada saat itu dimulailah perang besar yang mengubah wajah Eropa selamanya. perang tersebut berlangsung selama kurang lebih empat tahun. dari 1914-1918 perang tersebut merenggut sembilan juta nyawa prajurit dan tujuh juta nyawa penduduk sipil. tidak kurang dari tujuh puluh juta prajurit dikerahkan oleh negara-negara yang terlibat.
Hampir semua kekuatan besar dunia saat itu terlibat, membentuk dua kubu yang saling bertikai, yang satu adalah Blok Sekutu atau Etente dengan anggota utama seperti Inggris Raya, Perancis, Kekaisaran Rusia, dan Italia, kemudian Blok Tengah dengan anggota utama, Kekaisaran Jerman, Austria-Hungaria, Kekaisaran Turki Ottoman.

Perang ini adalah puncak dari ketegangan politik di Eropa yang terjadi pada awal abad ke-20, saat itu Eropa terutama Inggris dan Perancis berada pada puncak kejayaan dengan koloni mereka di seluruh dunia. Jerman yang juga merasa sebagai negara besar menginginkan koloni seperti halnya Inggris dan Perancis. Jerman mulai membangun kekuatan terutama angkatan laut untuk menyaingi Inggris tentunya membuat mereka ketar-ketir, ditambah adanya dendam Perancis yang pernah dikalahkan Jerman dalam perang Perancis-Prussia (cikal bakal Jerman) akhirnya kedua negara ini bersama Rusia membentuk persekutuan Triple Etente yang dibalas Jerman dengan persekutuan Triple Alliance yang terdiri dari Jerman, Austria-Hungaria, dan Italia.

Perang ini dimulai setelah terbunuhnya Putra Mahkota Austria Pangeran Franz Ferdinand di kota Sarajevo Bosnia (saat itu Bosnia masih menjadi bagian dari Austria-Hongaria) oleh nasionalis Serbia Gavrilo Princip. pembunuhan ini memulai krisis diplomatik antar negara besar Eropa. Austria-Hongaria menuntut Serbia bertanggung jawab karena mereka menuduh Serbia dalang dari pembunuhan ini, namun Rusia karena merasa sebagai sesama negara etnis slavia membela Serbia. Jerman memberikan dukungan penuh atas tindakan apapun yang akan diambil Austria-Hungaria termasuk aksi militer, Perancis mendukung Rusia sebagai sesama sekutu Etente, Jerman mengancam Perancis, Inggris tidak ingin ikut campur tapi memperingatkan Jerman untuk tidak menyerbu Belgia (Belgia adalah negara yang harus dilewati Jerman apabila harus menyerbu Perancis). Ancaman Jerman terhadap Perancis tidak digubris, Rusia memobilisasi tentaranya untuk menyerang Austria-Hungaria, Jerman mengancam akan menghancurkan Rusia apabila terjadi perang. Perancis ikut memobilisasi tentara, akhirnya Jerman memobilisasi tentaranya sendiri bahkan lebih jauh menyiapkan rencana penaklukan Perancis, Austria-Hungaria melakukan langkah berani dengan menyerbu Serbia pada 28 Juli 1914, Rusia melakukan mobilisasi besar-besaran sebagai respon, Jerman memobilisasi tentaranya yang pada akhirnya mengumumkan perang terhadap Rusia pada 1 Agustus 1914. Tidak lama kemudian  pada 3 Agustus 1914 Jerman menyerbu Luxemburg negara yang berada diantara Jerman dan Perancis, Perancis mengumumkan perang terhadap Jerman. pada 4 Agustus 1914 Jerman meminta Belgia membiarkan tentaranya melewati negara itu untuk menyerbu Perancis tetapi ditolak, Jerman menyerbu Belgia, akibatnya Inggris sebagai pelindung Belgia menyatakan perang terhadap Jerman. dimulailah perang besar yang akan mengubah wajah Eropa selamanya.

Peta Eropa sebelum Perang Dunia Pertama.


1 komentar:

  1. Sory baru belajar jadi tulisannya jelek...saya akan fokus pada Sejarah Peperangan Dunia dan Indonesia....Salam Kenal

    BalasHapus